June 21, 2024

Jagung saat ini menjadi komoditas pangan yang dicari banyak warga Indonesia. Pemanfaatan jagung yang beraneka ragam contohnya diolah menjadi pop corn maupun keripik banyak sekali dan bermacam-macam manfaatnya. Mulai dari bongkol hingga daunya banyak sekali maanfaat nya dan bisa diolah menjadi bahan pangan hingga bahan pakan ternak. Salah satu yang banyak digunakan adalah biji jagung itu sendiri, tentunya paling banyak digemari yaitu jagung bakar.

Menyambung tentang jagung, sangat penting sekali jika kita juga memperhatikan tentang mesin yang digunakan untuk memipil jagung tersebut. Kini Futago Teknik menghadirkan mesin pemipil jagung yang kecil dan mungil dengan desain mesin yang sederhana. Sebuah mesin yang digunakan untuk merontokkan biji jagung dari bongkolnya metode tersebut disebut dengan pemipilan. Pemipilan memang sangat disarankan untuk dilakukan segera setelah panen. Apalagi jika panen dilakukan dengan kadar air yang tinggi. Jika tidak dilakukan pemipilan, maka di kwatirkan jagung akan mudah terkena jamur.

Mesin ini dengan cara kerja/ cara pengoprasianya sangat sederhana yaitu:
1. Pertama-tama, sambungkan dinamo mesin ini ke sumber listrik. Otomatis jika sudah tersambung, dinamonya langsung menyala.
2. Letakkan wadah penampungan di bawah lubang mesin ini, tepatnya berada di dekat dinamo. Wadah ini berfungsi untuk menampung biji / butir jagung.
3. Masukkan jagung yang ingin dirontokkan ke dalam mesin ini melalui lubang masuk. Selama proses perontokan, lubang untuk keluarnya tongkol jagung harus ditutup sementara menggunakan telapak tangan atau penutup lainnya.
4. Sedangkan biji / butir jagung yang berhasil dirontokkan atau dipipil akan keluar melalui lubang output di bagian bawah mesin ini, tepatnya bersebelahan dengan dinamo.
5. Apabila di tongkol jagung masih ada beberapa butir yang menempel, masukkan kembali tongkol tersebut ke lubang masuk mesin perontok ini.

Jika memperhatikan mesin tersebut sangat mungil dan sederhana namun tidak diragukan lagi kualitasnya sangatlah handal, mesin yang handal tentunya memiliki rangkain mesin yang kuat, untuk itu berikut adalah spesifikasi mesin pemipil jagung:
1. Dimensi Mesin: Panjang 40 cm Tinggi 50 cm Lebar 25 cm
2. Pengerak: Dinamo 1/2 Hp
3. Kapasitas: 200-300 Kg/hari
4. Sistem Operasi: Manual
5. Operator: 1 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *