June 16, 2024

Berbeda dari mesin pemipil jagung sebelumnya, mesin pemipil jagung yang satu ini memiliki bentuk yang lebih kecil. Mesin pemipil jagung yang satu ini terbukti sangat praktis. Dengan bentuknya yang kecil, mesin ini dangat fleksibel untuk digunakan. Terlebih lagi, dimensinya yang tidak besar, mesin ini tidak memakan tempat yang banyak sehingga sangat mudah untuk dipindahkan maupun disimpan.

Meskipun bentuknya mungil, bisa dibilang mesin ini kecil-kecil cabe rawit. Telah dibuktikan bahwa mesin ini sangat cepat dalam merontokkan jagung. Hanya dengan hitungan detik, jagung kering bisa langsung dirontokkan dari tongkolnya dengan sangat bersih.

Mesin ini dengan cara kerja/ cara pengoprasianya sangat sederhana yaitu:
1. Pertama-tama, sambungkan dinamo mesin ini ke sumber listrik. Otomatis jika sudah tersambung, dinamonya langsung menyala.
2. Letakkan wadah penampungan di bawah lubang mesin ini, tepatnya berada di dekat dinamo. Wadah ini berfungsi untuk menampung biji / butir jagung.
3. Masukkan jagung yang ingin dirontokkan ke dalam mesin ini melalui lubang masuk. Selama proses perontokan, lubang untuk keluarnya tongkol jagung harus ditutup sementara menggunakan telapak tangan atau penutup lainnya.
4. Sedangkan biji / butir jagung yang berhasil dirontokkan atau dipipil akan keluar melalui lubang output di bagian bawah mesin ini, tepatnya bersebelahan dengan dinamo.
5. Apabila di tongkol jagung masih ada beberapa butir yang menempel, masukkan kembali tongkol tersebut ke lubang masuk mesin perontok ini.

Untuk Spesifikasinya yaitu:
1. Dimensi Mesin: Panjang 40 cm Tinggi 50 cm Lebar 25 cm
2. Pengerak: Dinamo 1/2 Hp
3. Kapasitas: 200-300 Kg/hari
4. Sistem Operasi: Manual
5. Operator: 1 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *