June 21, 2024

Setelah melalui pengupasan dan penyortiran biji kopi akan melalui proses pengeringan. pengeringan sendiri bisa dialakukan secara alami maupun buatan. Namun untuk pengeringan alami sering terkendala oleh cuaca yang kurang mendukung seperti badai atau musim hujan. sedangkan pengeringan buatan akan dibantu mesin pengeringan kopi yang dalam pengeringan tidak terpengaruh oleh cuaca. Tentunya lebih mudah dan praktis ketika digunakan.

Kini hadir di Futago Teknik mesin pengering biji kopi basah yang akan memudahkan anda dalam proses pengeringan. Dengan daya yang digunakan yaitu 700 Watt/220 Volt hasil yang diperoleh pun sangat banyak dengan kapasitas 50 kg, bahan bakar yang digunakan pun juga harus kuat menggunakan gas LPG. Bahan pembuatanya sangat kuat dan tidak mudah berkarat karena terbuat dari Stainless Stell.

Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan melakukan proses pengeringan dengan mesin ini yaitu pengoperasian mesin terlebih dahulu seperti berikut ini:
1. Pasangkan kompor gas ke dalam tungku pemanas mesin ini, lalu nyalakan kompornya.
2. Pastikan suhu pada tungku tidak melebihi 80 derajat celcius karena jika melebihi suhu tersebut dapat merusak kualitas kopi. Apabila suhunya mencapai 80 derajat celcius maka segera kecilkan kompor gas dengan nyala api secukupnya.
3. Setelah mengecilkan kompor gas, kemudian putar sakelar mesin ini ke arah kanan untuk menyalakan mesinnya. Namun sebelum itu pastikan dulu sakelar tersebut tersambung dengan sumber listrik.
4. Jika sudah menyala, langkah berikutnya buka penutup corong atau cerobong penampungan kopi untuk memasukkan kopinya.
5. Masukkan kopi ke dalam corong penampungan itu sesuai kebutuhan.
6. Tutup kembali corongnya dan pastikan dalam kondisi terkunci.
7. Tunggu beberapa menit supaya kopinya benar-benar kering.
8. Jika dirasa cukup, putar sakelar mesin ini ke arah kiri untuk mengeluarkan kopi yang sudah kering.
9. Kopi hasil pengeringan akan keluar dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *