June 16, 2024

Dedak adalah salah satu jenis pakan ternak tradisional yang terbuat dari bahan kulit padi atau sekam atau gerabah. Beberapa orang menyebut dedak dengan bekatul. Kulit padi hasil penggilingan padi akan terasa sia-sia dan pastinya memakan banyak tempat jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu, gerabah/sekam di daur ulang untuk dijadikan sesuatu lain yang berguna yakni dedak.

Proses pembuatan dedak adalah digiling dengan menggunakan mesin penggiling. Mesin penggiling sekam adalah mesin seperti yang terlihat pada gambar. Mesin tersebut mampu menggiling kulit padi dengan hasil yang bisa anda tentukan sendiri. Selain untuk menggiling sekam, mesin ini juga multifungsi untuk menggiling kulit kacang, jagung, dan tongkol jagung.

Dari ukuran yang kecil, tentunya mesin dedak bekatul ini memiliki kapasitas yang kecil pula. Bisa dikatakan, kapasitas mesin dedak bekatul mini ini setengah dari kapasitas mesin dedak sebelumnya. Jika kapasitas mesin dedak sebelumnya adalah 80 kg, mesin dedak mini ini berkapasitas sekitar 40 kg. Meskipun ukurannya kecil, namun kinerjanya tetap sama dengan mesin giling sekam normal. Hanya saja ukuran dan kapasitasnya yang kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *