June 16, 2024

Banyak masyarakat terlebih yang bertempat tinggal di sekitar perkotaan pastinya banyak menjumpai lantai yang permukaannya mempunyai desain timbul seperti titik-titik bulat kecil maupun berupa pola garis yang memanjang.

Ubin berpola ini bukan hanya berguna untuk menambah keindahan tatanan kota semata, akan tetapi untuk membantu memandu penyandang disabilitas untuk menemukan jalur yang tepat dan yang lebih aman.

Lantai bertekstur ini kerap disebut dengan sebutan Guiding Block atau Tactile Paving. Tactile paving jalur difabel ini bisa disebut sebagai ubin atau keramik yang memiliki permukaan dengan pola yang berguna untuk sarana dalam menuntun penyandang difabel untuk menjumpai jalur yang tepat untuk berjalan serta mendukung penyandang Tunanetra tersebut di dalam menuju lokasi tujuan.

Jadi sangat besar peran dari Guiding Block ini menjadi ubin berpola yang digunakan untuk membantu memberikan kemudahan pada kaum disabilitas khususnya tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Tactile paving block merupakan fasilitas yang diberikan yang berupa lantai yang sekarang ini sering dijumpai sebagai fasilitas yang diberikan kepada masyarakat baik di fasilitas berupa bangunan gedung maupun pada jalan-jalan.

Tactile paving jalur pemandu difabel ini telah banyak terpasang khususnya di daerah perkotaan seperti Tactile guiding block di kota Jogja, Semarang, Jakarta, Surakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

Walaupun telah banyak terpasang di berbagai lokasi, sepertinya ada sebagian masyarakat yang kurang mengerti kegunaan dari guiding block tactile paving tersebut.

Penggunaan Tactile paving ini sudah popular dipakai di berbagai negara maju dan saat ini telah ada peraturan perundang-undangannya untuk mewujudkan jalan yang baik bagi penyandang Tunanetra.

Fungsi Guiding Block

Tujuan dari penggunaan Tactile guiding block ini digunakan sebagai ubin keramik khusus yang dipasang untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra supaya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan baik untuk Tunanetra maupun bagi pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada beberapa fungsi dan peran dari penggunaan Tactile guiding block ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Tunanetra
Tactile guiding block mempunyai peran utama yaitu sebagai sarana untuk memandu para penyandang difabel ketika berjalan dengan nyaman tanpa rasa takut akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Tactile paving block ini ada pola-pola yang berfungsi untuk memberikan petunjuk sebagai pengarah jalan bagi penyandang disabilitas khususnya tunanetra ketika berjalan. Pada Tactile paving block ini terdapat 2 bentuk pola yang berbeda yang terinspirasi dari huruf Braile.

Dua pola itu merupakan pola garis-garis lurus yang berguna untuk membantu memandu penyandang disabilitas, selain itu juga pola ini juga mempunyai arti bahwa di jalan tersebut dapat terus berjalan, Guiding Block ini sering dinamakan dengan Guiding Block Line type. Guiding block tactile paving line type ini biasa dilekatkan berderetan memanjang sesuai jalur jalan.

Satu bentuk pola yang lain adalah Tactile paving dengan motif titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang seringnya disebut dengan panggilan Guiding Block Spot type. Guiding Block spot type berguna untuk memberikan petunjuk untuk memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi atau tanda untuk berhenti.

2. Memberikan kenyamanan bagi penyandang disabilitas ketika berjalan
Meski memiliki kekurangan pada fisik, seorang penderita tunanetra tetap mempunyai kewajiban yang sama dalam memanfaatkan fasilitas-fasilitas umum yang tersedia di masyarakat.

Dengan dipasangnya alat bantu itu diharapkan dapat berfungsi dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang dapat terjadi pada difabel di saat berjalan.

Selain itu dengan adanya Tactile paving ini dapat memberikan kemudahan akses bagi penyandang Tunanetra dan juga untuk pejalan kaki lainnya.

3. Mempercantik tampilan tata kota
Kegunaan yang lainnya dari Tactile paving ini adalah untuk meningkatkan nilai keindahan dari tatanan kota karena dengan dipasangnya Guiding block tactile paving ini dapat memperindah tampilan kota seperti jalanan umum, trotoar, dan lain-lainnya.

Selain itu, pastinya dengan memasang Guiding Block ini akan mendapat nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli akan kepentingan bersama tak terkecuali bagi para difabel.

Pemasangan Tactile Paving

Pemasangan Guiding Block ini adalah suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile guiding block ini seringnya dipakai di tempat-tempat dan sarana-sarana umum misalnya saja jalan taman, trotoar, terminal, stasiun, perpustakaan, Bank, dan lain sebagainya.

Adapun jalur jalan yang diberikan Tactile guiding block ini antara lain yakni pada jalur untuk pejalan kaki misalnya saja trotoar, jalur penghubung antara jalan dan suatu gedung bangunan, serta jalur yang mengarah ke tempat transportasi umum terdekat, jalur menuju tangga, jalur menuju pintu masuk maupun keluar, dan jalur lainnya.

Selain pada jalur di luar gedung bangunan, pemasangan Tactile guiding block digunakan pada gedung bangunan kecuali rumah pribadi dan rumah deret dianjurkan untuk diberi sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Tactile paving ini untuk mempermudah bagi penyandang Tunanetra dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Sekarang ini pemakaian Guiding Block yang diproduksi dari material logam lebih banyak digemari, khususnya untuk diterapkan pada dalam bangunan. Tactile guiding block yang terbuat dari logam hingga yang tahan terhadap karatan.

Pemakaian Tactile guiding block dari logam ini mempunyai keunggulan baik dari desainnya yang dapat meningkatkan wilayah sekitarnya menjadi kelihatan lebih modis dan tatanan kota menjadi lebih indah dan dari segi keawetan yang tentunya akan lebih awet dan tahan lama.

Diperlukan Tactile paving block yang berkualitas agar bisa memperoleh manfaat yang semaksimal mungkin dari penerapan Guiding block tactile paving tersebut untuk para difabel maupun untuk masyarakat lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Jika Anda menginginkan produk Guiding block tactile paving ini, terlebih yang dibuat dari logam yang tahan dengan karat, kami mereferensikan untuk menggunakan Tactile guiding block dari kami Futake.

Futake merupakan perusahaan manufaktur yang menyajikan berbagai produk turunan logam, termasuk produk Tactile paving guiding block ini. Dari Tactile paving yang terbuat dari logam biasa hingga Tactile guiding block yang terbuat dari logam stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari customer, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk membantu memandu berjalan bagi disabilitas.

Untuk informasi ataupun sebelumnya ingin bertanya tentang produk Tactile paving ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0813-9399-8335 |  0813-9399-8336.
Kami FUTAKE akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *